Sah ! INKAI Resmi Jalin Kerjasama dengan Japan Traditional Karate (JTK)

Sah ! INKAI Resmi Jalin Kerjasama dengan Japan Traditional Karate (JTK)

Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) bekerja sama dengan Japan Traditional Karate Association (JTK), yang mengikuti marwah atau ajaran aliran Shotokan.

Presiden JTK, Yuko Takahashi dan Ketua Umum PP INKAI, Laksamana Muda TNI Ivan Yulivan menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menandai kerja sama yang telah disepakati.

Penandatanganan MoU yang dilakukan di Honbu Dojo INKAI, Jatinegara, Jakarta Timur pada 24 November 2023 itu diharapkan dapat melahirkan sebuah kolaborasi berkelanjutan sehingga INKAI dapat merealisasikan Goes To World Class.

Dalam confrence press, Ivan menyatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi atlet karateka di tanah air agar bisa bersaing di level dunia adalah dengan bekerja sama dengan JTK.

INKAI akan mengirimkan karateka terbaiknya untuk meningkatkan pengetahuan di Jepang setelah kerjasama resmi dengan JTK.

Menurutnya, “Jadi secara bergantian kita bertukar pikiran, diskusi, menimba ilmu, dan sebagainya. Itu salah satu agenda, jadi dalam kerjasama ini ada pendidikan, pelatihan, dan pendidikan.”

Sebenarnya, kerjasama ini bukan hal baru; para dewan guru INKAI telah mengunjungi negeri Matahari Terbit sejak tahun 1970 untuk meningkatkan keterampilan bela diri karate.

Ivan mengatakan bahwa karateka INKAI sering muncul di ajang seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games, dan World Karate Federation (WKF).

Jika kejuaraan beladiri karate masuk dalam salah satu cabang olahraga Olimpiade, kami pasti akan ikut andil. Dia menjelaskan, “Selain itu, INKAI sendiri berada di bawah naungan PB FORKI, sehingga kami dapat memberikan kontribusi, dan PB FORKI memiliki pelatihan, perencanaan, dan pelatnas, yang memungkinkan kami juga berkontribusi dalam ajang Olimpiade.”

Menurut Yuko Takahashi, Presiden JTK, para karateka belajar menjadi batu yang menjadi permata. Di Jepang, karena banyak pulau, orang jarang berjabat tangan dengan orang dari negara lain setiap hari.

Yuko mengatakan, “Karena kami sama-sama belajar karate, jadi berkatnya kami bisa berjabat tangan sangat erat, karate menciptakan kebahagiaan, dan dengan belajar karate kita bisa bersyukur dan bertemu saudaraku.”

Untuk diketahui juga, sebagai bentuk tindaklanjut adanya kerjasama ini, INKAI bersama JTK mengadakan Pelatihan se-Jawa dan Bali dengan tajuk “INKAI Road Show JTK Shotokan Legends Coaching Clinic 2023”. Acara diadakan bergantian di 4 Kota yaitu :
– Jakarta @GOR Nanggala Kopassus, Jakarta Timur pada 25 November 2023
– Jateng-DIY @GOR UNY, Yogyakarta pada 26 November 2023
– Jatim @Hotel Narita Surabaya pada 29 November 2023
– Bali @GOR Ngurah Rai Denpasar pada 3 Desember 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Institut Karate-Do Indonesia

Goes to World Class

Copyright 2022 inkai.org